Tertib & Taat itu Nyaman bukan ……… ???

Great-Leaders

Pernah ingat saat masih sekolah di SD ? Sekolah tingkat pertama dimana kita mulai mengenal adanya “Ketua” yang memimpin kita untuk berbaris masuk kelas dan mengucap salam pada Bapak & Ibu Guru. Seiring kenaikan-kenaikan kelas berikutnya kemudian kita mulai sadar bahwa Ayah adalah Ketua di rumah…. dan seterusnya kemudian akan kita temui ketua-ketua dalam tiap jenjang dan aneka kegiatan.

Bisa menjadi Ketua, biasanya menjadi keinginan bagi 7 dari 10 orang dalam suatu kumpulan (apapun). Kodrati manusia bahwa ingin menjadi yang nomor 1.

Menjadi Ketua yang ditaati aba-abanya pasti amat menyenangkan, apalagi dia dipilih oleh semua anggota dalam kumpulannya. Artinya bila anggota sudah memilih maka sang ketua juga merupakan harapan dan keikhlasan dari mereka untuk mau dipimpin oleh sang ketua. Sehingga mentaati aba-aba dari ketua adalah menjadi konsistensi yang turut menyertai dari pilihannya itu sendiri. Mentaati aba-aba tidak hanya sebagai penghormatan  pada ketua terpilih, namun juga bentuk penghormatan pada pilihan kita sendiri dan ekspresi sportif pada pilihan mayoritas (apabila kita kalah).

Tertib itu nyaman…. Taat itu juga nyaman,…..

Selama ketua tidak aneh-aneh dan masih mengusung misi & visi yang baik untuk harapan bersama, maka adalah hak baginya untuk dituruti aba-abanya oleh kelompok barisannya. Yang terutama lagi, apabila ketua jelas baik dan bagus nurani & budi pekertinya.

Yuuk…, selain budayakan “antri” mari kita budayakan “Tertib & Taat” .

leader

Leave a comment